Sabtu, 02 November 2013

Misteri Geometri Pada Lukisan


Kita tentu mengenal lukisan The Shepherds of Arcadia yang dilukis oleh Nicolas Poussin. Lukisan itu muncul pada film tentang Da Vinci Code yang kita tonton bersama-sama beberapa minggu lalu. Analisis lukisan tersebut menunjukkan adanya pola geometri yang sangat rumit. Pola geometri itu pun dipercaya adaah kunci untuk menerjemahkan dokumen rahasia tentang keberadaan harta karun. Bisakah hal itu dipercaya?

Lukisan adalah sebuah karya seni yang memiliki makna mendalam. kita semua setuju bahwa ada makna tersirat di dalamnya. Namun apakah itu berarti ada kode tersembunyi di dalamnya? Lukisan dari era renaissance dan baroque yang terkenal sangat indah dan kompleks biasanya dikaitkan dengan konspirasi dan kode-kode rahasia untuk mencari harta karun. Apalagi lukisan era renaissance yang banyak bertemakan religi. Hal ini muncul sebab ditemukannya geometri tersembunyi di dalam lukisan-lukisan tersebut. Setelah ditelusuri pola-pola geometri itu membentuk pola yang sudah ada di dunia seperti pentagram, pola rasi bintang, atau apa pun itu.

Hal ini merusak kenikmatan dari memahami sebuah karya lukisan. Orang-orang yang senang menghubungkan antara pola geometri pada lukisan dank ode tersebut rata-rata berasal dari kalangan sejarawan bukan kalangan seniman. Mereka melihat data-data yang ada pada lukisan, mencoba mencari tahu apa yang tidak terlihat oleh mata, dan menarik kesimpulan bahwa ada konspirasi di dalam lukisan itu.

Hal ini sedikit menggelikan karena tidak ada bukti bahwa lukisan pada zaman renaissance dan baroque digunakan untuk media penyampaian kode rahasia. Lagi pula kita cenderung menemukan apa yang ingin kita temukan bukan? Kita melihat apa yang kita percaya. Jadi jika percaya bahwa ada kode, jika kita berusaha menemukan kode, pasti itu yang akan kita berusaha temukan atau dibuat-buat sampai ditemukan.

Kita ambil contoh The Shepherds of Arcadia. Di dalam sebuah dokumen nama Poussin dan Teniers disebut-sebut memegang kunci untuk harta karun Rennes-le-Chateau. Ya, mungkin itu bisa jadi landasan yang kuat untuk mengatakan bahwa di dalam lukisannya terdapat kode rahasia. Namun setelah mencari, saya menemukan banyak tafsiran yang berlainan tentang lukisan ini. Ada yang mengatakan keempat gembala pada lukisan ini adalah menggambarkan rasi bintang Hercules, Bootes, Andromeda. Ada yang mengatakan mereka melambangkan merkurius, venus, bumi, mars. Pola geometri yang ditemukan pun berbeda-beda. Ada yang menemukannya dalam bentuk pentagram, ada yang menemukannya persis sama dengan rasi bintang, ada yang menemukan jarak di antara para gembala sama dengan jarak antara keempat planet. Semakin dicari tafsiran tersebut semakin menggelikan.

Billy Kristanto, seorang yang memang menekuni seni klasik terutama seni baroque. Beliau mengatakan bahwa memang ada pola geometri di dalam lukisan The Shepherds of Arcadia, dan ada pola-pola geometri serupa di dalam lukisannya yang lain, dan ada pola geometri pada beberapa lukisan baroque oleh pelukis lainnya. Lukisan ini sebenarnya menceritakan tentang keberadaan kematian (dilambangkan oleh kubur batu) di Arcadia, tanah yang penuh kesempurnaan, dan bagaimana terkejutnya para gembala yang menemukannya (Et in Arcadia Ego atau even in Arcadia I exist) Sebagai penikmat seni, dia tidak melihat hal ini sebagai kode tersembunyi melainkan cara sang pelukis untuk menghasilkan karyanya.

0 komentar:

Posting Komentar